Contoh Makalah Pendidikan Inklusi

Posted: Februari 5, 2012 in Uncategorized
Tag:

KATA PENGANTAR

Puji syukur dipanjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah tentang Pendidikan Inklusi yang merupakan salah satu tugas mata kuliah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Program Strata-1 Pendidikan Anak Usia Dini STKIP Panca Sakti.
Susunan materi diambil dari beragam sumber dan literasi dari beberapa situs pendidikan anak di dunia maya yang kami susun ulang berdasarkan beragam pendekatan.
Kami mengucap terimakasih kepada Bapak Atik Rahmat selaku dosen pengampu mata kuliah ini, sebab atas instruksi Beliau makalah ini harus disusun, sehingga secara tidak langsung mendidik kami sebagai mahasiswa untuk berfikir kritis, sistematis dan aktif mencari referensi.
Dalam Penulisan makalah ini pasti masih banyak kekurangan, baik pada teknis penulisan maupun materi. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah kedepan.

Sukabumi, Februari 2012
Tim Penulis

DAFTAR ISI

Kata Pengantar i
Daftar Isi ii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah 1
B. Rumusan masalah 2
BAB 2 PEMBAHASAN
A. Pengertian 3
B. Klasifikasi ABK 4
C. Elemen Dasar Pendidikan Inklusi 5
D. Tujuan Pendidikan Inklusi 5
E. Ciri-ciri Pendidikan Inklusi 5
F. Landasan Pendidikan Inklusi 6
G. Tugas Pemerintah 8
H. Alasan Perlunya Pendidkan Inklusi 9
I. Tempat Pendidikan Inklusi 10
J. Saran bagi Penyelenggara Pendidikan Inklusi 10
BAB 3 PENUTUP
Kesimpulan 11
DAFTAR PUSTAKA 12

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Merujuk Undang Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1 dan Undang– Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dapat disimpulkan bahwa negara memberikan jaminan sepenuhnya kepada anak berkebutuhan khusus untuk memperoleh layanan pendidikan yang bermutu. Hal ini menunjukkan bahwa anak berkebutuhan khusus atau anak luar biasa berhak pula memperoleh kesempatan yang sama dengan anak lainnya dalam pendidikan.
Pada umumnya, lokasi SLB berada di ibu Kota Kabupaten, padahal anak–anak berkebutuhan khusus tersebar hampir di seluruh daerah (kecamatan/desa), tidak hanya di ibu kota kabupaten. Akibatnya sebagian dari mereka, terutama yang kemampuan ekonomi orang tuanya lemah, terpaksa tidak disekolahkan karena lokasi SLB jauh dari rumah, sementara kalau akan disekolahkan di SD terdekat, sekolah tersebut tidak bersedia menerima karena merasa tidak mampu melayaninya. Sebagian yang lain, mungkin selama ini dapat diterima di sekolah terdekat, namun karena ketiadaan guru pembimbing khusus akibatnya mereka beresiko tinggal kelas dan akhirnya putus sekolah. Permasalahan di atas dapat berakibat pada kegagalan program wajib belajar.
Pendidikan inklusi memang tidak popular dalam masyarakat. Masyarakat hanya disibukan dengan urusan meningkatkan kualitas pendidikan secara horizontal maupun vertical. Sehingga anak bangsa yang memiliki kebutuhan yang terbatas ini sering termarginalkan (kaum yang tersisih). Pelayanan pendidikan ini memang memerlukan sarana dan prasarana yang cukup besar tapi bukan berarti harus ditinggalkan karena mereka mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan.
Untuk mensukseskan wajib belajar pendidikan dasar, dipandang perlu meningkatkan perhatian terhadap anak berkebutuhan khusus, baik yang telah memasuki sekolah reguler (SD) tetapi belum mendapatkan pelayanan pendidikan khusus maupun yang belum mengenyam pendidikan sama sekali karena tidak diterima di SD terdekat atau karena lokasi SLB jauh dari tempat domisilinya.
Melalui pendidikan inklusif, anak berkebutuhan khusus dididik bersama-sama anak lainnya (normal) untuk mengoptimalkan potensi yang dimiliki anak melalui pendidikan di sekolah terdekat. Sudah barang tentu sekolah terdekat tersebut perlu dipersiapkan segala sesuatunya.

B. Rumusan Masalah
1. Apa pendidikan inklusif itu?
2. Mengapa pendidikan inkusif itu diperlukan?
lebih lengkapnya download di

Komentar
  1. hikmat mengatakan:

    link download nya mana om …!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s